Sejarah

SMK Negeri 2 Sampit didirikan bersama dengan Delapan Sekolah Menengah Kejuruan Multi Kelompok di seluruh Indonesia, berdiri pada tanggal 8 April 2000 diresmikan oleh Dirjend Pendidikan Dasar dan Menengah Bapak Dr. Indra Jati Sidi. Tahun 2000 s/d 2010 dipimpin oleh Drs. Dani Triatmajaya Santosa, M.Pd sebagai Kepala Sekolah Pertama.

SMK Negeri 2 Sampit merupakan salah satu SMK multi kelompok di Indonesia, yaitu KELOMPOK TEKNOLOGI DAN REKAYASA, AGRIBISNIS DAN AGROTEKNO LOGI, SENI KERAJINAN DAN PARIWISATA, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.

     Bidang studi keahlian Teknologi dan Rekayasa dengan Program studi Keahlian Teknik Otomotif dengan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor.

     Bidang Studi Agribisnis dan Agroteknologi dengan Program studi keahlian Agribisnis Produksi Tanaman dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan.

 

 

Pada tahun ajaran 2005/2006 telah dibuka:

  •    Bidang Studi Keahlian Seni Kerajinan dan Pariwisata dengan Program Studi Keahlian Tata Kecantikan dengan Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Rambut.
  •    Bidang Studi Teknologi dan Rekayasa dengan Program Studi Keahlian Teknik Elektronika dengan kompetensi keahlian Teknik Audio Vidio.
  •    Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Program Studi Keahlian Teknik Informasi dan Komputer dengan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Sehubungan dengan Program  Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berstandar Nasional dan Internasional maka:

Pada tahun 2005, SMK Negeri 2 Sampit telah  memenuhi persyaratan menjadi salah satu SMK yang berstandar nasional pada Bidang Keahlian Teknik Mesin Program Keahlian Mekanik Otomotif.

Pada Tahun 2007 telah berhasil meraih Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI)