FLS2N TINGKAT NASIONAL

Ajang bergengsi Festival dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingat SMK yang diselenggarakan di Prov. Lampung tanggal 14 s.d. 21 September 2019, diikuti oleh peserta dari 33 Prov. di Indonesia.

Kontingen dari Kalimantan Tengah mengikuti beberapa bidang lomba yakni: vokal solo, gitar akustik, musik tradisional dan tari daerah.

SMK Negeri 2 Sampit, sebagai salah satu peserta lomba tari daerah berhasil memenangkan kompetisi di tingkat kabupaten, bahkan provinsi Kalimantan Tengah untuk bersaing di tingkat nasional. Tari daerah yang berjudul “Mamalan Himba” dibawakan dengan ciamik oleh empat org siswa yang masih duduk di kelas XI dan XII SMKN-2 Sampit. Tarian ini menggambarkan tradisi suku Dayak dalam usaha pelestarian alam. pelaksanaan upacara/ritual adat yang dilakukan sebelum membuka lahan pertanian/perkebunan dimaksud untuk menghormati alam dan memohon izin serta perlindungan kepada pemilik semesta. Tari kreasi daerah ini berada dibawah arahan koreografer Ektrajaya, S.Pd. yang telah mencurahkan seluruh perhatiannya dalam persiapan latihan hingga kompetisi di tiap tingkatnya. “Kami telah berusaha maksimal, bagaimanapun hasilnya nanti, saya harap anak-anak tetap semangat. Menang atau kalah bukan soal, yang penting semangat kompetisinya”. Ucap Jaya saat ditanya menjelang keberangkatan mereka beberapa hari lalu.

Suatu kebanggan bagi Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya SMKN-2 Sampit dalam mengantarkan putra-putri daerah ini untuk unjuk bakat di tingkat Nasional. Melalui kegiatan ini pula, pesan-pesan moral dari tarian ini diharapkan dapat sampai kepada seluruh warga negara Indonesia, agar bersama kita menjaga kelestarian alam dan hutan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *